Pelajar Untuk Indonesia

“Untuk mengantar rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia. Itulah sepenggal isi pembukaan UUD 45.” Jika kita kaitkan dengan perjuangan para pahlawan dan ulama tentu mereka sudah berhasil mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan. Tinggal bagai mana kita sebagai pelajar mengisi kemerdekaan tersebut. Untuk memerdekakan sebuah bangsa tidaklah mudah, karena membutuhkan kerja keras, kerjasama, kerja cerdas, keberanian, kesungguhan dan tentunya doa dari para ulama.
Mungkin dahulu para pahlawan melawan penjajah dengan cara berperang, namun untuk saat ini kita tidak perlu melakukan itu, karna untuk saat ini kita berperang melawan bangsa kita sendiri.
Contohnya bisa kita lihat dari generasi pelajar saat ini, dengan banyaknya pelajar yang acuh pada pendidikannya, pelajar yang tidak terdidik karakternya, lebih mementingkan ego dan kesenangan semata.
Pola pikir inilah yang membuat pelajar Indonesia masih tertinggal dalam ilmu pengetahuan dan belum berorientasi ke masa depan. Ini merupakan faktor yang menghambat perkembangan negara Indonesia, Karena pelajar merupakan tunas bangsa yang akan menjadi pewaris peradaban.
Lantas apa yang bisa kita lakukan sebagai pelajar untuk Indonesia, sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih atas perjuangan para pahlawan dan ulama?
Salah-satunya dengan menjadi pelajar yang berprestasi. Karena memiliki pelajar yang berprestasi merupakan keuntungan yang dapat dijadikan sebuah aset dalam mengembangkan negara kearah yang lebih baik, dan kita sebagai pelajar harus berkontribusi nyata dalam mewujudkan cita-cita bangsa.
Adapun cara menjadi pelajar yang berprestasi bukan hanya berorientasi pada pendidikan di dalam kelas, namun bisa mencakup aspek lainnya seperti aktif dalam organisasi, mengikuti perlombaan akademik maupun non akademik , dan kreatif dalam menciptakan ide ataupun produk yang dapat mengharumkan nama Indonesia ke kancah internasional.

Seperti yang telah kita ketahui, sebagian pelajar Indonesia telah banyak mengukir prestasi dalam berbagai kejuaraan internasional, misalnya dalam olimpiade sains, atletik, maupun karya ilmiah.
Banyak pelajar Indonesia yang mengembangkan bakatnya untuk mencapai suatu prestasi yang membanggakan. Di sisi lain, ada sebagian pelajar yang memilih pasif dan tidak menjalankan perannya sebagai insan akademis.
Di sinilah tujuannya, di sinilah harapan masyarakat untuk generasi yang akan membawa perubahan bagi bangsa Indonesia.
Harapannya yaitu pelajar mampu bersatu untuk menangani tantangan zaman bersama-sama, menjadi pemimpin yang cerdas dan memiliki moral yang mumpuni.