Gerakkan Baru PAC IPNU IPPNU Campaka Bekerja sama dengan Seluruh IRMA Dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan

Pcipnuippnunupurwakarta.com- campaka .- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan. Bulan ini merupakan merupakan bulan dimana umat muslim meningkatkan kualitas dirinya dengan melakukan amal ibadah. Banyak umat muslim mengisi bulan yang suci dengan puasa, tarawih, tadarus, berdikir dan berzakat.

Selain itu, cara lain untuk meningkatkan kualitas diri dalam beribadah yaitu dengan mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan.
Kegiatan pesantren Ramadhan merupakan program pembiasaan ibadah dan karakter yang setiap tahunnya dilaksanakan pada bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini telah menjadi kegiatan rutin yang selalu ada setiap tahunnya. Banyak para Majlis, Lembaga, Organisasi, dan Mesjid yang mengadakan pesantren Ramadhan sebagai tempat dalam melakukan ibadah dan mengisi waktu sebaik mungkin.
Ramadhan tahun ini, PAC IPNU IPPNU Kecamatan Campaka mengadakan kegiatan pesantren Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 19 – 25 April 2021. Pesantren Ramadhan dilaksanakan di masjid Jamie Al-Ikhlas Desa Campakasari, Kec. Campaka.
Ucap Ketua IPNU Campaka rekan Riezal M. Ramlie, “Mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan merupakan cara terbaik bagi para remaja dan pelajar dalam mengisi waktu untuk beribadah. Karena pada dasarnya selain untuk menambah pengetahuan, kegiatan ini juga mengarahkan para anak-anak untuk taat pada agama, bermoral, cerdas, tanggung jawab serta tangguh dalam menghadapi pergaulan”.
Acara yang dilaksanakan satu minggu itu berjalan dan berlangsung sesuai dengan rencana. Dimulai pada Senin 19 April 2021 yang merupakan opening ceremony dan registrasi para peserta.
Pada pembukaan pesantren Ramadhan hari Senin lalu, dalam sambutannya Ketua DKM Mesjid Al-Ikhlas berpesan, “Saya sangat mendukung kegiatan ini, selain untuk memakmurkan masjid, kegiatan pesantren Ramadhan dapat mecegah serta mengurangi anak-anak dan para remaja dari pengaruh getget dan game online. Dengan mengikuti pesantren Ramadhan, anak dapat terhindar dari pergaulan-pergaulan yang negatif. Kegiatan ini jangan sampai terhenti dan semoga terus berlanjut”
Para peserta kegiatan pesantren Ramadhan banyak dari kalangan SD dan SMP. Dalam meminimalisir tempat, untuk SD siswa kelas 1,2 dan 3 kegiatan dilaksanakan di Pengajian Al-Ikhlas. Dan untuk SD kelas 4, 5, 6 dan SMP kegiatan dilakukan di masjid.
Kegiatan selalu diawali dengan sholat duha Bersama. Kemudian dilanjut dengan pembacaan doa dan asmaul husna. Setelah para peserta membaca doa, barulah masuk pada pematerian. Materi dalam kegiatan pesantren Ramadhan diantaranya yaitu ; aqidah, qurdis, fiqih dan lainnya.
Hal menarik pada kegiatan pesantren Ramadhan tahun ini yaitu PAC IPNU IPPNU Campaka membuat strategi gerakkan baru dalam mengenalkan IPNU dan IPPNU dikalangan remaja dan masyarakat.
Rekanita Isni Putri Anggraeni berkata “Saya melihat bahwa di Campaka saat ini banyak berdiri Ikatan Remaja Masjid (IRMA). Mereka semua NU, namun mengapa mereka berkubu-kubu. Saya ingin kita semua menyatu untuk NU. Dsinilah saya akan membawa IPNU dan IPPNU mengenal yang lainnya, agar yang lain tahu bahwa kita ada”.
Dalam mengenalkan IPNU dan IPPNU dikalangan remaja, PAC IPNU IPPNU melakukan kerjasama dengan seluruh IRMA dalam kegiatan penutupan pesantren Ramadhan.
Langkah awal yang dilakukan ketua IPNU yaitu dengan bersilaturahmi pada SMP Negeri 1 Campaka. Disana ketua IPNU mengenalkan dirinya dan berbincang mengenai program kita. Selain itu, guru PAI SMP Negeri 1 Campaka juga mendukung serta mensuport paparan yang telah disampaikan oleh ketua IPNU. Tidak hanya mendukung, pihak sekolah juga membantu IPNU dan IPPNU untuk bekerjasama dengan IRMA dengan satu intruksi dari sekolah.
Setelah adanya intruksi dari pihak sekolah, tidak menunda waktu ketua IPNU dan IPPNU berkunjung serta bersilaturahmi pada seluruh IRMA. Berawal dari IRMA Al-Muawanah yang merupakan IRMA Masjid Kecamatan. Dilanjut pada IRMA Miftahus Saadah yang merupakan IRMA terlama dan terbaik di Campaka. Dan masih banyak IRMA yang lainnya.
Kunjungan tersebut secara tidak langsung telah mengenalkan IPNU dan IPPNU dikalangan remaja. Dan ini merupakan gerakkan baru di PAC Campaka. Stategi ini direspon positif serta didukung para asatid dan ulama NU di Campaka.
Penutupan Bersama kegiatan pesantren Ramadhan dilakukan serentak pada hari Minggu 25 April 2021 di Desa Campakasari. Acara penutupan tersebut dihadiri kurang lebih 130 peserta pesantren Ramadhan. Dari pihak sekolah dihadiri oleh para guru dan guru PAI SMP Negeri 1 Campaka. Banyak para asatid serta Ulama NU yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut diantanya : Ketua MUI Kecamatan Campaka, Katib Kecamatan Campaka, Ketua DKM Masjid Al-Muawanah, Pengasuh Ponpes Riyadhul Fata, dan lainnya.
Dalam sambutannya ketua MUI mengatakan, “Kegiatan pesnutupan bersama pesantren Ramadhan ini merupakan sebuah terobosan baru. Disini para remaja bersatu dibawah nama NU. Kita semua sama ingin memakmurkan NU. Semoga hal baik ini dapat terus berlanjut, dan muncul lagi gerakkan baru untuk NU”.
Selain itu pesan menarik terucap dari ketua pelaksana kegiatan tersebut yaitu rekan Surya Andika Pratama mengatakan, “pertahankan yang baik dan ambil yang lebih baik, bergerak atau tidak bergerak kita harus bergerak, karena hari terus berganti, waktu terus berputar, ketika kita hidup didunia tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat, maka apalah arti kehidupan kita di dunia ini”.