Harta, Tahta, Latihan Kader Muda

Dalam upaya mencetak kader yang berkualitas dan berdedikasi, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Purwakarta menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) Angkatan I 2020.

Kegiatan lakmud ini dilaksanakan pada hari jum’at-minggu, 27-29 November 2020 dibagi II angkatan, dimana angkatan ke I dilaksanakan di Pondok Pesantren Benteng Madani Campaka di ikuti oleh peserta dari PAC IPNU IPPNU Kecamatan Cibatu, Campaka, Purwakarta, Sukatani, Pondoksalam, Pasawahan dengan peserta sebanyak 26 Orang. Untuk angkatan ke 2 akan dilaksanakan pada bulan desember mendatang dengan rencana lokasi di kecamatan Darangdan. Ujar ketua pelaksana Saepulloh.

“Lakmud merupakan upaya pengkaderan tahap kedua setelah Makesta di IPNU dan IPPNU. Peserta merupakan perwakilan dari Pengurus Anak cabang se-Kabupaten Purwakarta”, ujar Ketua PC IPNU Purwakarta, Riyan Haqi Khoerul Anwar.

Pelaksanaan Lakmud bukanlah lagi pengenalan, namun sudah pada pemantapan dan mengisi nilai-nilai perjuangan dengan tetap berpegangan kepada aqidah Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja).

“Tujuannya sudah jelas, meningkatkan kualitas dan kapasitas kader NU,” jelasnya.

Riyan menambahkan, dengan Lakmud kader IPNU dan IPPNU menciptakan kader yang betul-betul handal dan profesional, mampu menjalankan roda organisasi dengan baik sesuai dengan ketentuan aqidah Ahlussunah wal Jamaah.

“Diharapkan dengan kegiatan ini kader IPNU Dan IPPNU menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan agama,” harapnya

Sejumlah pemateri dan materi disuguhkan dalam Lakmud diantaranya adalah Ke-IPNU-an oleh ketua PW IPNU Jawa Barat. Pergerakan IPNU IPPNU dalam menjalankan roda organisasi haruslah dinamis, dimana para kader terus membuat gagasan yang inovatif dan berpikir kritis.

“Kita harus membuat perubahan, kader IPNU IPPNU harus lebih berani dan percaya diri. lebih berani menyampaikan gagasan yang inovatif, juga dalam pergerakan haruslah dinamis jangan sampai statis dan monoton” Tegasnya.

Para Peserta juga sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

“Acara lakmud angkatan I ini sungguh luar biasa dengan materi-mateti yang tentunya akan menjadi hal-hal yang akan diaplikasikan oleh kami sebagai peserta dalam menjalankan kaderisasi. Harapannya semoga apa yang sudah kita dapatkan dalam lakmud angkatan 1 ini benar-benar bisa kita diaplikasikan dalam menjalankan roda organisasi di ipnu dan ippnu, seterusnya semoga semangat yang dibangun untuk menjadi kader ipnu ippnu tidak pernah pudar dan justru harus semakin membara” kata Annisa salah satu peserta Lakmud angkatan I 2020

Saya sangat mengapresiasi kepada kader muda NU dalam beberapa kegiatan-kegiatannya, semoga Kader muda NU selalu istiqomah dalam menyiarkan aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyyah dan menjadi kader yang bisa menjawab tantangan agama dan negara ke depannya, karena IPNU IPPNU merupakan wadah kader muda NU untuk menyiapkan kader-kader terbaik NU. Ujar KH. Muhtarom, Ketua MUI Kecamatan Campaka dan Pimpinan Ponpes Benteng Madani Campaka.